FACHRORI AJAK SELURUH UMAT BERAGAMA BERSINERGI MEMBANGUN JAMBI
Di Posting Oleh : Admin, Tanggal : 29 Desember 2018 , Dilihat Sebanyak : 343 Kali

 

Jambi (Humas Pemprov Jambi) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak seluruh umat beragama untuk bersinergi, bersatu padu, dan bekerjasama membangun Provinsi Jambi, supaya Provinsi Jambi semakin maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut disampaikannya dalam Perayaan Natal Oikumene Provinsi Jambi Tahun 2018, di Lapangan Depan Kantor Gubermur Jambi, Jumat (28/12) malam.

 

Dalam perayaan Natal Oikumene (gabungan seluruh gereja-gereja) tersebut, Fachrori didampingi oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori dan Kepala Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi, H.Amsyarnedi.

 

Fachrori menekankan pentingnya kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat dalam keberagaman, termasuk dengan perbedaan agama, namun tetap bisa hidup dengan damai, dimana kerukunan dan damai menumbuhkan optimisme dalam pembangunan, di daerah dan di tingkat nasional.

 

Untuk menciptakan dan memelihara kerukunan dan kedamaian, Fachrori menyatakan bahwa saling menghormati dan saling menghargai merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu, Fachrori mengajak umat Kristiani dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk saling menghargai dan saling menghormati.

 

Fachrori mengemukakan, ajaran Kristiani mengajarkan untuk menjadi bijaksana dengan menjaga pikiran, tindakan, dan ucapan, serta mengajak untuk menciptakan kedamaian, hal yang sangat penting dalam menempa akhlak dan moral, sebagai pondasi dalam berbangsa dan bernegara.

 

“Ajaran Kristiani juga mengajarkan untuk menjadi cahaya ditengah kehidupan. Kita semua mesti menjadi cahaya satu sama lain,” ujar Fachrori.

 

Pada kesempatan tersebut, Fachrori dan Rahima beserta panitia Natal Oikumene Provinsi Jambi Tahun 2018 menyanyikan bersama lagu “Batanghari”, lagu daerah Provinsi Jambi.

 

Sebelumnya, Perwakilan dari Tiga Aras (persatuan instansi gereja-gereja Indonesia) Provinsi Jambi, Pendeta Tampak Hutagaol, M.Th mengucapkan terimakasih kepada Plt. Gubernur Jambi atas izin perayaan Natal Oikumene  di halaman Kantor Gubernur Jambi, sebagai salah satu wujud dukungan Pemerintah Provinsi Jambi terhadap kegiatan keagamaan.

 

Pendeta Hutagaol mengatakan, Natal merupakan sarana penguatan spiritualias masyarakat yang beragama Kristen, sebagai anggota masyarakat yang juga harus berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan daerah dan negara.

 

Pendeta Hutagaol mengungkapkan bahwa keberagaman merupakan rahmat yang harus dipelihara, kekayaan yang harus dijaga. “Jika Pancasila adalah rumah kita bersama, tidak ada alasan untuk tidak bersaudara,” tegas Hutagaol.

 

Hutagaol berharap agar inspirasi semangat Natal menjadi penguatan untuk menghadapi berbagai persoalan ditengah masyarakat.

 

Selain itu, Hutagaol juga bergarap supaya Pileg dan Pilpres di Provinsi Jambi dan di seluruh daerah di Indonesia berjalan dengan lancar dan aman.

 

Hutagaol menyatakan, gereja-gereja mendukung pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel, non diskriminatif, dan memberantas narkoba.

 

Ketua Panitia Natal Oikumene Provinsi Jambi Tahun 2018, Dr. Kasianus Talumbanua menyampaikan natal Oikumene ini merupakan Natal gabungan dari 54 gereja di Provinsi Jambi.

 

Kasianus mengemukakan, masyarakat Provinsi Jambi dan masyarakat Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika dalam ikatan Pancasila.

 

Kasianus menekankan, umat Kristiani Provinsi Jambi harus membawa kebaikan dan persaudaraan dimanapun berada, serta bisa menjadi berkat bagi negara, terutama bagi Provinsi Jambi. “Kita juga harus taat pada aturan dan ketentuan yang ada. Harus berhikmat, jadilah berkat bagi lingkungan dimanapun berada,” jelas Kasianus. (Mustar, foto: Agus, video: Latib).

GPR WIDGET