SEKILAS INFO

EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish
  I     I

CHAIRUNNISA: PKK BANTU CAPAI TARGET PEMBANGUNAN PEMERINTAH

Posted : 18 September 2017 15:47:37

Pembinaan Desa Terpadu, Wujud Dukungan PKK terhadap Pembangunan

Wakil Ketua II Tim Penggerak Pemberdayaaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Chairunnisa Erwan Malik mengemukakan, dalam rangka pencapaian target pembangunan di Provinsi Jambi, yaitu menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk TP PKK, dan TP PKK terus berusaha membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan. Hal tersebut dikemukakan Chairunnisa saat melakukan Pembinaan Desa Terpadu, bertempat di Desa Koto Agung Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, Senin (18/09/2017) siang.

Desa Terpadu merupakan desa yang seluruh (10) program PKK diterapkan didalamnya, dipadukan dengan program dari instansi-instansi terkait. Desa terpadu diproyeksikan sebagai desa percontohan pelaksanaan pembangunan pemerintah bersinergi dengan program PKK.

"Kita telah mengetahui bahwa PKK dengan Dasa Wisma telah menyebar dari tingkat nasional sampai ke tingkat rumah tangga dan memiliki kader-kader yang mumpuni serta berperan aktif dalam mensukseskan pembangunan dan ikut menjalankan program-program pemerintah,"  ujar Chairunnisa.

Chairunnisa menjelaskan, PKK yang memiliki Dasa Wisma sebagai garda terdepan, turut berperan dan sangat menentukan bagi keberlanjutan program Posyandu, PAUD, bina keluarga balita, usaha peningkatan pendapatan keluarga dan program strategis lainnya.

"Melalui acara ini, saya menaruh harapan yang besar kepada PKK disemua tingkatan, khususnya PKK Desa Koto Agung ini, agar terus meningkatkan kontribusinya dalam membantu pembangunan dan turut mendukung program-program pemerintah," tutur Chairunnisa.

Chairunnisa menerangkan, dalam rangka percepatan pembinaan, setiap kabupaten/kota di Provinsi Jambi menetapkan desa percontohan untuk menjadi integrasi berbagai program dari instansi terkait. Para kader harus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah, mulai dari tingkat desa sampai ke tingkat kabupaten/kota serta pihak swasta lainnya.

Dalam sesi wawancara, Chairunnisa mengungkapkan, pembinaan yang diberikan kepada Desa Terpadu khususnya Desa Koto Agung ini adalah kesepuluh program pokok PKK yang nantinya, Desa Koto Agung bisa menjadi pilot project bagi desa-desa sekitarnya khususnya Kabupaten Kerinci.

"Kita mengimplementasikan kesepuluh program pokok PKK untuk bersinergi dengan pemerintah maupun pihak swasta lainnya untuk menjadikan desa yang lebih maju dan menjadi percontohan bagi desa lainnya, baik dari segi pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lainnya," ungkap Chairunnisa.

Lebih lanjut, Chairunnisa mengatakan, pada awalnya, TP PKK Provinsi Jambi menetapkan setiap kecamatan di kabupaten/kota Provinsi Jambi mempunyai satu desa percontohan dan untuk Pembinaan Desa Terpadu, pada tahun 2017 ini difokuskan pada satu desa setiap kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi.

Sebelumnya, Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Kerinci, Yulizar Aprizal,S.Pd menyampaikan kepada TP PKK Desa Koto Agung untuk meningkatkan kerjasama bersama instansi terkait dalam pelaksanaan Pembinaan Desa Terpadu.

"PKK ini bukan hanya untuk ibu-ibu saja, tapi untuk semua lapisan masyarakat, cuma ibu-ibu lah yang menjadi motor penggeraknya dan yang menjadi tujuan akhir dari PKK ini adalah kesejahteraan keluarga," ungkap Yulizar.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Keliling Danau, Drs.Harmulir, Kepala Desa Koto Agung, Iswadi, A.Md serta para undangan lainnya.